Yang Harus dilakukan Pengguna Komputer/Laptop Windows 10

Apa kabar para pembaca,  semoga sehat selalu. Maaf beberapa minggu terakhir ini Om Jack tidak sempat menulis artikel lagi dikarenakan jadwal yang sangat padat.
Nah berhubung kali ini Om Jack lagi cuti kerja. Ada baiknya jika waktu libur ini saya isi denga menulis artikel.
Kali ini Om Jack mau menulis artikel tentang hal-hal yang biasa terjadi dikeseharian kita. Dari pengalaman Om Jack ada beberapa pengguna PC/Laptop yang walaupun sudah bertahun-tahun menggunakan Laptop tapi mereka akan tetap masih berada dalam kategori pengguna awam :D Karena mereka benar-benar hanya menggunakan computer mereka untuk pekerjaan administrasi ataupun membuat laporan kantor. Sehingga beberapa error/kesalahan kecil saja bisa membuat mereka panik.
Nah tanpa panjang lebar lagi. Berikut beberapa kesalahan pengguna computer awam, dan cara pencegahannya.

1. Jangan memberi Nama folder dan file yang sangat panjang

Dari pengalaman Om Jack ternyata banyak orang yang menyimpan/ SAVE file yang mereka buat dengan nama file dan folder yang sangat panjang. Rata-rata lebih dari 50 karakter. Belum lagi di simpan didalam folder yang sangat jauh. Maksudnya disini disimpan didalam folder dengan beberapa kali sub folder didalamnya.
Hal ini sebaiknya tidak dilakukan karena terkadang ketika file itu di edit ulang akan muncul error ketika akan disave/disimpan.
Jadi cara pencegahannya cukup mudah. Biasakan untuk membuat nama folder dan file karakternya jangan panjang-panjang maksimal 30 karakter saja. Dan filenya jangan disimpan terlalu jauh, dalam artian terlalu banyak sub-sub folder untuk bisa menemukan file tersebut.

2. Jangan Save Password di Browser

Kesalahan kedua yang biasa terjadi adalah Menyimpan Password Login di Browser seperti Mozilla, Chrome, Opera, dll. Yah memang fitur untuk menyimpan User dan Password Login ini disediakan setiap browser untuk memudahkan penggunanya pada saat ingin login kembali. Namun tahukah anda fitur yang mungkin anda anggap sangat membantu ini menurut Om Jack sebenarnya berbahaya.
Fitur ini bisa menjadi celah bagi para Cracker/hacker untuk mencuri data-data pribadi anda. Bahkan jika computer/laptop anda digunakan oleh banyak orang sebaiknya anda jangan menggunakan fitur ini, karena bisa saja password anda ketahuan oleh orang yang menggunakan computer/laptop anda.
Berikut akan saya perlihatkan contohnya jika anda menyimpan user dan password anda di browser, mungkin ketika anda membuka halaman login akan tampak seperti gambah dibawah ini.

Nah celah seperti ini bisa dimanfaatkan oleh orang yang berniat jahat. Karena hanya dengan script sederhana maka password anda yang tadinya kelihatannya cuma titik-titik tebal. Akan diubah menjadi teks yang akan memperlihatkan password anda.

Jadi untuk mencegah pencurian user login. Sebaiknya anda menonaktifkan fitur yang menawarkan anda untuk menyimpan password anda ini.
Caranya cukup mudah.
Untuk browser Mozilla, masuk dimenu OPTION, pilih tab SECURITY, terus hilangkan centang pada menu Remember Logins for Sites. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar yang dilingkari warna biru.

Untuk browser Chrome silahkan masuk di menu SETTINGS, terus scroll paling bawah kemudian klik lagi ADVANCED, cari menu PASSWORDS AND FORMS, klik menu Manage Passwords, ubah settingan menjadi OFF. Atau geser kekiri switchnya sehingga yang tadinya berwarna biru berubah menjadi warna abu-abu. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar.



Nah jika anda sudah menonaktifkan fitur Remember Password dengan mengikuti langkah-langkah yang Om Jack berikan, setidaknya user dan password anda sudah sedikit lebih aman dibandingkan dengan anda menggunakan fitur Remember Password dari browser.

Tapi jika memang anda menginginkan fitur tersebut, apa boleh buat Om Jack ga bisa larang, itukan terserah anda yang mana yang buat kamu nyaman ajah deh.. Heheeee…

3. Panik ketika tidak bisa Konek di WIFI padahal dulu pernah konek.

Hal ini umumnya terjadi pada orang-orang yang onlinenya di café. Jadi katanya kemarin sudah bisa konek otomatis, tapi hari ini koq ga bisa :D
Hal ini sebenarnya terjadi karena Hotspot café tersebut menggunakan Nama SSID/ nama WIFI yang sama tapi passwordnya diganti atau sudah berbeda dari password yang sebelumnya. Sedangkan system operasi kita sudah terlanjur menyimpan history dari SSID dan Passwordnya tersebut.
Jadi cara untuk mengatasi hal seperti ini cukup dengan menghapus SSID yang sudah tersimpan. Jadi ketika kita mengklik SSID tersebut untuk konek, maka kita akan dimintai untuk memasukkan password kembali.
Okay langsung saja untuk tau caranya silahkan lihat gambar.
Pada icon WIFI silahkan di klik kiri kemudian pilih Network & Internet settings.


Setelah Jendela setting terbuka, pilih tab Wi-Fi kemudian klik Manage known Network yang dilingkari warna biru.

Di menu Manage Known Network anda akan melihat kumpulan SSID Wifi yang sudah pernah terhubung dengan laptop anda. Nah silahkan pilih SSID mana yang anda tidak bisa terhubung, setelah itu klik Forget.

Jika SSID Wifi tersebut sudah hilang, silahkan coba kembali untuk connect dengan nama Wifi tersebut. Seharusnya anda akan diminta untuk memasukkan password. Dan selamat anda sudah bisa terhubung kembali dengan Wifi tersebut.
Selamat berinternet ria :D

4. Jangan asal klik Download

Nah, jika sudah terhubung dengan Internet, pastinya terkadang kita ingin mendownload baik itu, file aplikasi, lagu, video, dll.
Namun terkadang beberapa situs download, ada yang filenya sangat susah untuk kita download.
Ketika klik download maksud hati ingin mendownload file lagu, yang terdownload malah aplikasi iklan, atau bahkan yang terparah mungkin saja virus.
Jadi memang wajar saja jika dalam suatu web atau situs ada banyak iklan karena dari situlah mereka mendapatkan penghasilan. Tapi terkadang kita dibuat kesal karena sudah beberapa kali klik download tapi yang kita inginkan belum terdownload juga.
Jadi untuk menghindari terjadinya salah download kita harus sedikit lebih teliti. Apakah yang kita klik itu benaran Link Download atau Link Iklan.
Jadi Om Jack akan berikan sedikit tips untuk membedakannya agar kalian tidak salah klik lagi.
Perhatikan gambar.


Dari gambar diatas kita liat ada sebuah tombol hijau besar dengan tulisan Start Download. Jangan sekali kali mengklik tombol itu, karena sebenarnya itu adalah Link iklan.
Jadi Link download yang sebenarnya adalah tulisan yang berwarna merah diatas yang bertuliskan nama-nama situs upload file yang sudah terkenal.

Sekali Jika orang awam yang melihat gambar diatas, mungkin dia akan mengklik tombol START DOWNLOAD yang berwarna hijau diatas. Tapi anda harus leih teliti, Link download sebenarnya adalah yang Om Jack Lingkari warna merah, biasanya butuh waktu beberapa detik untuk muncul. Jadi sabar ajah jangan terburu-buru atau akan terjebak dengan link iklan.
Okay semoga tips ini membantu kalian yang hobinya mendownload.

5. Jangan Langsung menutup Layar Laptop ketika Shutdown.

Sekarang ini sudah banyak yang menggunakan System Operasi windows 10 di laptopnya. Selain karena tampilannya yang sangat menarik tapi juga karena beberapa fitur yang ada didalam windows 10 tersebut yang memang lebih baik dibandingkan dengan versi Windows sebelumnya.
Tapi ada beberapa kesalahan kecil yang sering dilakukan beberapa pengguna Windows 10 saat ini. Semoga saja kalian tidak.
Jadi ketika kita SHUTDOWN Windows 10 yang kita gunakan banyak orang yang langsung menutup layarnya ketika mereka melihat layar computer mereka sudah mati. Mungkin mereka pikir computer mereka benar-benar sudah selesai shutdown. Hal ini sebenarnya sangat salah. Karena sebenarnya saat layar computer mati laptop kita masih melakukan sedikit proses. Layar mati lebih cepat adalah fitur dari Windows 10 agar bisa lebih hemat daya. Jadi ketika anda SHUTDOWN laptop anda, ada baiknya perhatikan lampu indicator pada laptop anda biasanya meskipun layar sudah mati (tidak menampilkan apa-apa) tapi lampu indicator hdd dilaptop anda biasanya masih akan menyala. Jika semua lampu indicator sudah off baru anda boleh menutup layar computer anda karena berarti laptop anda sudah benar-benar shutdown. 

Okay sekian dulu tulisan dari Om Jack kali ini, semoga bermanfaat…


Comments