Cara Install Google Camera / Gcam di Mi A1 tanpa root

Kali ini Om Jack mau kasih Tutorial nih cara install aplikasi Google Camera di HP Mi A1 kamu tanpa harus me root HP kamu.
Caranya cukup mudah asalkan kalian mengikuti langkah-langkah yang Om Jack berikan dengan benar, Om Jack jamin deh kalian pasti akan berhasil melakukannya...
Kenapa sih harus install Google Camera?
Katanya sih hasil jepretan menggunakan aplikasi kamera bawaan google ini lebih baik dibandingkan dengan aplikasi Camera Stock ROM bawaan dari xiaomi A1.
Kalau mau lihat perbendaannya silahkan liat deh reviewnya di Channel Youtube Om Jack
Jangan lupa subscribe yah biar bisa ikutin video terbaru dari om jack.

Nah sudah nonton videonya?
Tertarik untuk menginstall Aplikasi Google Cameranya?
Silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

1. Pastikan kamu sudah menonaktifkan security lock pada HP mu. Maksudnya Lock Screen seperti Finger lock, PIN Lock, Pattern Lock dll harus dalam posisi None.

2. Siapkan sebuah komputer/laptop. Kemudian Download ADB Tool disini -> https://androidmtk.com/download-minimal-adb-and-fastboot-tool

3. Aktifkan Developer Mode Options di HPmu. Kalau belum tau caranya buka Settings ->System->About Phone-> dan klik beberapa kali Build Number , sampai muncul You Are Now Developer

4. Masuk di Developer Options, Activekan OEM unlocking dan USB debugging. (Lihat gambar)


5. Sambungkan HP anda ke komputer menggunakan kabel data original / yang berfungsi dengan baik. Periksa di HP Anda jika ada notifikasi yang muncul centang saja Allow USB Debugging. Untuk mengecek apakah hp anda sudah benar-benar terhubung untuk adb tool. Jalankan ADB Tool sebagai administrator kemudian ketik : adb devices. Jika muncul keterangan Unauthorized . Perhatikan dulu di HP anda mungkin anda lupa untuk mencentang Allow USB Debugging. Ulangi lagi ketik : adb devices hingga pada adb tool muncul tulisan device. Lihat gambar.

Jika sudah muncul tulisan device kita siap untuk melanjutkan kelangkah selanjutnya.

6. Download aplikasi google camera installer tool 

7. Extract file ZIP yang sudah anda download dan run aplikasi GCAM Mi A1.exe sebagai Administrator. Caranya klik kanan filenya dan klik Run As Administrator. Lihat gambar.


8. Pada aplikasi Gcam. Langsung saja klik Enable HAL3,... (gambar camera) Tunggu beberapa saat. Jika programnya berjalan dengan benar, HP anda akan restart beberapa kali dan masuk pada menu fastboot dan TWRP secara otomatis jangan klik atau menekan layar anda. Abaikan saja sampai HP anda benar-benar restart kembali ke Android One dan siap digunakan.  INGAT!!! pada langkah ini jangan sampai anda mencabut kabel yang menghubungkan HP dan Komputer anda.


9. Periksa HP anda, seharusnya sekarang anda memiliki dua aplikasi kamera yang dimana salah satunya adalah aplikasi GCam.



10. Selanjutnya buka aplikasi GCam anda dan lakukan sedikit configurasi agar aplikasi ini bekerja dengan baik. Pada Aplikasi Gcam pilih Setting kemudian masuk di menu Advance. Aktifkan Portrait Mode, Use ZSL, Improve Photos in low ligh, dan show dirty lens warning, dan juga ubah HDR+ image quality menjadi 100% (Lihat Gambar). Jika sudah selesai force close aplikasi gcam. Dan jalankan kembali Gcam anda. Selanjutnya selamat menggunakan aplikasi Gcam.





Jika anda masih bingung silahkan lihat video tutorial yang Om Jack sudah buat di youtube.
Klik disini -> CARA INSTALL GCAM TANPA ROOT


Jangan lupa Subscribe yah untuk mendapatkan video-video terbaru dari Om Jack yah...

Comments

  1. saya coba langkah diatas ,dengan patch keamanan 5 mei saat reboot kenapa muncul erasing dan hape saya ter restat pabrik.mohon petunjuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat tutorial ini dibuat masih patch keamanan april. Sabar yah gan. Akan saya coba untuk install ulang kembali gcamnya. Jangan lupa subscribe gan. Biar dapat notif jika sudah di update postingannya.

      Delete
    2. https://youtu.be/wflTakaTM8Q <-- Silahkan klik disini bang untuk security patch mei 2018
      Silahkan lihat video terbaru diatas install gcam di mi A1 security Patch 5 Mei 2018

      Delete
  2. Saya mengikuti semua langkah dan memasang kamera, tetapi ketika membukanya tidak berfungsi, ternyata kamera berhenti, dapatkah Anda membantu saya mengatasi masalah ini?

    ReplyDelete
  3. om jack update cara yang patchingan april dong....

    ReplyDelete

Post a Comment