Virus Ransomware Wannacry

Belakangan ini dunia IT seluruh dunia digegerkan dengan adanya virus Ransomware Wannacry.
Virus ini akan mengunci file anda dengan encrypsi sehingga anda tidak dapat membukanya dan meminta anda untuk membayar melalui bitcoin. Anda hanya akan diberi waktu 3 hari untuk membayar dan jika tidak harganya akan dilipat gandakan. Dan jika dalam 7 hari anda masih belum membayar juga, file-file anda akan dihapus selamanya dari komputer anda.


Apa itu Ransomware?
Ransomware adalah semacam virus perusak yang menginkripsi file di komputer atau laptop anda yang telah terjangkit. Virus ini mengunci dan menolak segala macam jenis akses terhadap file anda. Sehingga anda tidak akan dapat menggunakan file anda sebelum anda melakukan pembayaran yang diminta oleh sipembuat virus.

Sejauh ini diketahui virus ini sudah menyebar di 104 negara, Rusia, Ukraina dan India adalah negara -negara yang mendapatkan dampak yang paling buruk. Kita juga harus berhati-hati karena virus ini juga sudah mulai masuk ke Indonesia. Silahkan liat disini untuk mengetahui peta penyebaran virus Wannacry.




Bagaimana Penyebarannya?
Penyebarannya bisa melalui email ataupun iklan-iklan online palsu dari internet. Setelah komputer anda terjangkit kemudian terhubung kejaringan lagi dimana ada komputer lain yang terhubung, kemungkinan komputer tersebut akan segera terjangkit juga. Kemungkinan juga akan menyebar secara langsung melalui tukar data dengan flashdisk ataupun hardisk external. Anda harus extra hati-hati.

Bagaimana cara mengatasinya?
Sampai saat tulisan ini Om Jack buat, belum diketahui pasti bagaimana cara mengatasi virus ini.
Tapi untuk mencegah terjangkit dari virus ini anda bisa melakukan langkah-langkah dibawah ini yang Om Jack himpun dari berbagai sumber:

1. Sejauh ini diketahui Virus Wannacry menyebar melalui System Operasi Windows, jadi anda yang menggunakan System Operasi Linux ataupun MacOS masih aman. Tapi anda juga tetap harus berhati-hati.

2. Backup data-data penting anda mulai sekarang dan hanya membukanya di System Operasi yang masih aman. Dalam hal ini anda bisa menggunakan Linux dan variannya ataupun menggunakan MacOS untuk mengolah data anda.

3. Jika anda terpaksa memang harus menggunakan System Operasi Windows segera lakukan Update Security Windows anda ke Patch MS 17-010. Silahkan klik DISINI untuk update Patch Security Windows.

4. Update antivirus anda keupdatenya paling terbaru.

5. Sebisa mungkin hindari dulu menggunakan macros

6. Jika tidak diperlukan, jangan dulu terhubuung ke jaringan.

7. Nonaktifkan fungi SMB v1

8. Block Port 139/445 dan 3389

Silahkan klik tombol dibawah ini untuk Link update Security Windows


Ok diatas adalah cara-cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah anda terserang dari virus Ransomware WannaCry.

Demikian dulu tulisan Om Jack kali ini. Semoga bisa membantu agan-agan sekalian. Terima kasih..

Sumber:
- http://www.mirror.co.uk/tech/what-wanna-decryptor-look-ransomware-10410236
- https://www.jatimtech.com/apa-itu-ransomware-indonesia-34714
-http://indiatoday.intoday.in/story/wanna-cry-ransomware-attack-104-countries-hit-nsa-criticised/1/953338.html
https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx
https://forum.kaspersky.com/index.php?s=e600f03dd2cc99051a40779cc2d7b47b&showtopic=370192

Comments